Kumpulan Istilah yang Banyak Digunakan dalam Pembelajaran Sistem Operasi - SMK BUDI LUHUR

Wednesday 23 March 2016

Kumpulan Istilah yang Banyak Digunakan dalam Pembelajaran Sistem Operasi

Dalam dunia sistem operasi ada beberapa istilah yang sering digunakan, berikut akan kita bahas beberapa istilah yang digunakan dalam pembelajaran sistem operasi.


  1. Batch Processing System: adalah pekerjaan, proses atau Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan 
  2. Cross Platform Operating System atau multiboot system adalah karakteristik dari sistem operasi yang dapat bekerja secara bersama-sama dengan sistem operasi lainnya dan dapat menggabungkan dua atau lebih sistem yang berbeda platformnya.
  3. Distributed computer atau komputer terdistribusi adalah sistem komputer, berskala besar dan mempunyai performa yang tinggi dimana sistem pengelolaan,  pengolahan atau komputasi-komputasinya tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik. 
  4. Graphical User Interface(GUI) adalah  antar-muka atau interface untuk manusia dan komputer yang berbasis grafis, angat nyaman dan mudah digunakan dan dioperasikan 
  5. Multi-user adalah karakteristik atau performa dari suatu sistem yang dapat digunakan, dimanfaatkan atau diakses oleh banyak pengguna dalam satu waktu sekaligus), 
  6. Multi-programming adalah karakteristik atau performa adalah suatu sistem yang dapat melayani banyak program aplikasi dalam satu waktu sekaligus)  
  7. Multi tasking atau Batch Processing System adalah karakteristik atau performa dari suatu sistem yang dapat melayani banyak tugas dan pekerjaan dalam satu waktu. 
  8. Microsoft windows adalah merupakan keluarga besar sistem operasi yang dibuat dan dikembangkan oleh microsoft coorporation. Varian-vairan sistem operasi dari keluarga microsoft ini antara lain MS Dos, Windows 9x, windows NT, windows 7, windows 8, Windows server dll. 
  9. Microsoft Corporation adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat yang mengembangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung beragam produk dan jasa terkait dengan komputer. Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tanggal 4 April 1975.  
  10. Sistem operasi (operating system atau OS): adalah perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur, mengendalikan perangkat keras dan memberikan kemudahan untuk pemakai dalam penggunaan komputer. 
  11. Virtualization sistem yaitu satu komputer dapat diclonning atau diperbanyak secara virtual menjadi lebih dari satu komputer dan dapat bekerjasama secara sinergi.

Demikian pembahasan beberapa istilah atau glosarium yang sering digunakan dalam pembelajaran sistem operasi. terima kasih.
Comments


EmoticonEmoticon